Type Here to Get Search Results !

MEMOAR DI BUMI PALESTINE

0

.

Penulis/ pelaku :Von Edison Alousci.



.

Entah dari mana aku harus memulainya..aku tdk terbiasa menulis kisah sendiri..karna begitu peliknya persoalan yg di hadapi.

.

Aku menikah dgn seorang akhwat asli palestina dikota gaza dlm situasi konflik israel palestina tahun 1996.Dari pernikahan Ta'aruf itu, hari hari kami selalu di hantui suasana mencekam krn sewaktu waktu kami bisa kehilangan nyawa akibat serangan mortil,bom,peluru kendali bahkan tembakan senjata tentara israel.Istriku seorang hafizah yg sehari harinya menjadi relawan.membuat makanan untuk pasukan Al Qassam.

.

Sementara aku adalah pemasok,distribusi senjata gerakan bawah tanah untuk pasukan Al Qassam.Jk sedang bebas tugas kami berdua hanyalah rakyat sipil.istriku adalah ibu rumah tangga dan aku sendiri ganti baju sebagai relawan yg bertugas membantu aktipitas rumah sakit darurat.

.

22 Mei 1997 lahir anak kami.perempuan yg lucu dan itu melengkapi keluarga kami.Akan tetapi di saat usianya baru beranjak 3 bulan..musibah itu terjadi..

.

*WAFATNYA ALMARHUMAH*

.

Pagi itu istriku pergi mencari bahan makanan di semua pasar kecil.anak saya diasuh neneknya dirumah.mentara aku sendiri sedang sibuk mengangkut orang yg terluka.

.

Bom israel jahanam itu tepat jatuh di pasar itu.byk anak anak ibu ibu yang tewas karenanya termasuk istriku. dgn panik luar biasa..aku mencari istriku.kulihat ia terjepit pada reruntuhan tembok bangunan.ia berhasil kukeluarkan dari reruntuhan itu dgn tubuh penuh darah segar.namun ia masih bernapas.Aku memeluknya sambil menangis.bibirnya bergetar menyebut nama anakku.ia menatapku sambil bicara sayup hampir tak terdengar jk saja tdk mendekatkan telinga.ia katakan

.

 " sayangi anak kita satu satunya,ajari dia ngaji..jk aku tiada..menikahlah demi anak kita..pilihlah wanita yg sayang pada anak kita..aku sayang padamu pada anak kita "

.

Ku dengar makin sayup ia mengucap takbir,dua kalimah syahadat..dan napasnya mulai hilang.Aku seperti tdk terima dgn semua ini..yg keluar dari mulutku cuma teriakan caci maki pada bangsa yahudi itu sehingga beberapa orang datang menyabarkanku.Istriku cepat di bawa pulang.badannnya masih

panas.ketika sampai dirumah,istriku didekatkan pada anak kami yg menangis keras karena lapar.

.

Pelan kusingkap baju istri.Anakku menyusu demikian lahap..saya sendiri heran..air susu istriku seperti tiada henti..

.

bahkan ketika mulut anak kami lepas karena kenyang..air susu itu masih terus mengalir sehingga akhirnya Kutampung dalam sebuah gerigen ukuran 2 liter.gerijen itu penuh.aku baru mengingat dan menyadarinya setelah di indonesia jk hal itu aneh diluar nalar.Itu sungguh kebesaran Allah dan memang di gaza byk hal hal yg terkadang sulit diterima akal sehat.

.

Hari itu juga istriku dimakamkan..cepat karena kondisi darurat perang.Malam harinya aku tdk tugas..hanya menemani anak kami dgn tatapan mata berlinang.sementara bibir ini hanya takbir dan zikir.Sholat maghrib,isya,shubuh rasanya sepi tanpa sang istri.Hati ini begitu kehilangan..org yg di cintai..sampai sampai hati ini terbersit tdk akan menikah lagi..

.

*HIJRAH*

.

Perlu diketahui Bulan September 1996 ada Kerusuhan terowongan Al-Aqsa.Israel sengaja membuka terowongan menuju Masjidil

Aqsa untuk memikat para turis, yang justru membahayakan fondasi masjid bersejarah itu.

Pertempuran berlangsung beberapa hari dan menelan banyak korban jiwa.18 Januari 1997 Israel bersedia menarik pasukannya dari Hebron, Tepi Barat.tapi bukan yahudi jika tdk melangggar.faktanya di bulan september mereka meluluh lantakan pasar dimana istriku tewas

.

Dalam kondisi darurat ini aku terpaksa keluar dari Rumah karena sangat tidak aman.Ini demi anakku .Jika saja tdk karena anak barangkali saya tdk akan pernah beranjak dan israel mesti di hadapi dgn kekejaman serupa.

.

Malam hari,diam diam bersama beberapa orang asing yg senasib kami secara sembunyi sembunyi keluar dari Qaza.kuberdoa pada Tuhan :

.

" Ya Allah,semoga anakku ini diam,tenang dan tidur nyenyak krn sekali dia menangis maka nyawa kami semua taruhannya"

.

Ternyata Doa serasa makbul,sepanjang malam menembus brigade israel,tidak sekalipun ia menangis.bahkan ketika ia bangun,ia tdk menangis bahkan ketika di beri ASI ibunya yg sengaja disimpan dlm lemari pendingin,ia mengisap DOT nya dgn lahap.

.

Kami akhirnya mampu lolos dari kawasan Gaza..menuju yordan.

Aku lupa..jarak tempuhnya perjalanan itu..krn memakan waktu beberapa hari dan dlm kondisi begitu kami tdk memikirkan waktu..siang berganti malam,malam berganti siang..berbekalan sangat minim.bahkan ASI anakku habis.

.

Tapi sekali lagi Tuhan menolongnya.sehari semalam tanpa Asupan ASI, anak saya seperti tdk lapar bahkan dia lelap dlm gendonganku

.

Akh panjang sekali jk bercerita. namun berkat bantuan pihak otoritas yordania..aku bisa pulang ke indonesia..tapi tdk pulang kampung melainkan ke bandung.

.

Berkat bantuan teman lamaku bisa kerja sebagai kuli bangunan..

Aneh ya..di indo tau tau cuma jadi kuli.tapi tidak lama aku bisa masuk salah satu perusahaan..dan hidup mulai baik walau tinggal dikontrakan 4 x3 meter di kawasan dayeuh kolot. persisnya di belakang ZIPUR.kampung babakan leuwih bandung.

.

ADA YG TAHU ?

.

Terakhir,Kabar Gaza yg aku ketahui setelah pertempuran itu kemudian diadakan Perjanjian baru, Wye River Oktober 1998 berisi penarikan Israel dan dilepaskannya tahanan politik dan kesediaan Palestina untuk menerapkan butir-butir

perjanjian Oslo, termasuk soal penjualan senjata ilegal.Aku tdk tahu persis isi perjanjian itu krn kesulitan mendapatkan informasi secara lengkap.

.

Memasuki usia anakku dua tahun..aku baru pulang kampung disebuah desa,palembang.dan untuk pertama kalinya anakku melihat neneknya dgn rasa rindu mendalam.Aku laki laki,tetapi aku tdk bisa menahan tangis ketika ingat Almarhumah dan perjalanan menuju pulang.Anakku masih kecil tetapi ia sudah merasakan asap mesiu dan penderitaan..

.

LANTAS HARUSKAH AKU BERSABAR ??

.

Jawabnya iya..

.

Tuhan telah byk menguji kehidupan saya..dan saya tetap harus kembali bersabar menghadapi persoalan selanjutnya dgn hati yang ikhlas,ridho sampai kelak tdk ada lagi umur tersisa..

.

*MENIKAH DI TENGAH KONPLIK*

.

Berat sekali perjuangan untuk bisa menuju ke palestina.byk likunya prosesnya rumit sehingga Pada akhirnya bisa menginjak gaza.. dan bisa menikah dgn akhwat gaza.

Aku ini orang yang tdk punya apa apa.tdk ada yg perlu aku banggakan selain sebuah kebanggaan bahwa aku seorang muslim.

.

Istriku adalah orang yg juga tidak punya apa apa.rumah hancur  tinggal reruntuhan yg masih utuh.Tidak ada kemewahan yg bisa di tunjukkan di tengah tengah ladang komplik palestina dan israel.

Tetapi aku bangga dipertemukan dgn akhwat yang ibadahnya luar biasa.. tutur katanya yg lemah lembut, dan murah senyum..

.

Kami Ta'aruf tidak sampai dua minggu dan langsung menikah.Tidak lama saling mengenal.

Ketika hijab kabul itu jujur aku tidak memiliki apa apa..pakaian hanya berapa helai.

.

Lantas apa maharku ?

.

Maharku cuma membaca surah yasin..dan uang sisa kalau di rupiahkan cuma 50 ribuan.Kami menikah diantara hujan peluru...diantara suara suara letusan tembakan dan riuhnya suasana kepanikan penduduk.

.

ITU MOMENT YG INDAH TETAPI JUGA MENEGANGKAN.

.

Kami hanya menangis saat itu krn beratnya resiko menikah saat situasi demikian mengerikan karna bisa saja antara kami mati di tembak israel saat itu dan bisa saja kami tdk tahu apa itu malam pertama.

.

Bahkan bukan tdk mungkin besok hari nyawa kami terancam dan hanya batas itu kami berkumpul.

Sungguh Allah maha adil lagi maha bijaksana..krn apa yg kami khawatirkan tidak terjadi..

.

*KEHIDUPAN SEHARI HARI.*

.

Dalam keseharian..dan kesederhanaan..hidup kami justru menyimpan misteri keindahan..yang sangat sulit terlupakan.

Istriku,dimataku sungguh sholehah.sikapnya santun dan menyenangkan..

.

Hari demi hari pun aku lalui dengan kebahagiaan bersama istri .

Aku tidak pernah menyangka, begitu sayangnya Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadaku dengan memberikan seorang pendamping yang setiap waktu selalu mengingatkan ketika aku lalai kepada-Nya.Wajahnya yang tenang dan murah senyum itu,menambah hati ini terasa tenang.Ketika harus meninggalkan istri untuk melaksanakan tugas sebagai anggota Al Qassam,Ia tdk pernah lupa mendoakan :

.

" Ya All


ah,jagalah suamiku ini sampai ia kembali melihatku menanti dgn linangan air mataku krn kami masih bisa di pertemukan dlm keadaan selamat"

.

Jika aku berhasil kembali pulang,senyuman indahnya selalu menyambut sebelum aku berucap salam.Bahkan,ketika kami bersamaku belum bisa mendahului ucapan salamnya karena selalu terdahului olehnya.kadang aku yg malu dikalahkan oleh kemuliaan akhlaknya.

.

Biasanya ia tergopoh gopoh meninggalkan pekerjaan rumah begitu mendengar langkah kaki saya mendekati rumah,seakan ia hapal itu suara kaki suaminya.

.

Ketika pintu terbuka..salamnya sudah duluan dari bibirnya dan tanganya cepat mengambil tanganku untuk ia cium.

.

Ya Allah.. Tiap hari di suguhi pemandangan ini membuatku sangat sulit untuk kehilangan.

Sungguh, ini adalah kebahagiaan yang teramat sangat sehingga aku merasa susah menuturkan semuanya.Kebahagiaan makin lengkap ketika Allah mengkaruniawi kami seorang putri yg lucu..

.

Dan sangat benar apa yang dikatakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Dunia hanyalah kesenangan sementara

dan tidak ada kesenangan dunia yang lebih baik daripada istri

shalihah.” (Riwayat An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

.

*HIDUP SEDERHANA.*

.

Kami hidup sederhana,qonaah.tdk pernah bermimpi untuk mengejar materi.lebih lebih tdk pula berguna di tempat yg sewaktu waktu luluh lantak oleh bombardir pasukan israel.Dan dgn keadaan itu justru kami berlapang hati krn menjadikan kami tdk butuh kepentingan duniawi selain sekedar cukup untuk meneruskan perjuangan membela bumi palestina dari ekspansi Israel.

.

Yang kami pikirkan cuma satu hal saja " Sudah siapkah diri ini menghadap Allah jika satu dua jam kedepan nyawa kami meninggalkan jasad ??"

.

Karna itulah kami hanya memikirkan untuk menikmati hidup dgn cara terbaik dlm keluarga selagi masih ada umur,dgn sikap sikap romantis,kemesraan melalui keindahan akhlak.

.

Iya..ternyata  bahagia itu tergantung sikap saling hargai,saling maklumi saling menutupi kekurangan saling suport dalam kelebihan dan semua itu adalah adab dan akhlak.Kini Istriku telah tiada.

.

Sementara saat itu usia anakku baru tiga bulan.Inilah hidup.

segalanya penuh resiko.. dan aku merasa berkeluarga tdklah sia sia..dan aku bahagia pernah bersama dgn seorang istri yg sholehah dlm sejarah hidup saya. dan aku merasa lapang hati.. krn jiwa ini ikhlas,ridho padanya..

.

Satu satunya yang terucap sekarang hanya DOA :

.

" Ya Allah masukanlah istriku kedalam SurgaMu dan aku ridho padanya krn pernah membuatku sangat bahagia"

.

Saudaraku..

.

Bagaimana dgn kalian ?

.

Apa yg telah kalian perbuat dalam keluargamu ?Pernahkah engkau memikirkan bagaimana menyenangkan istrimu dgn syariat Islam ? Pernah kau memikirkan bagaimana menyenangkan suamimu setiap saat ?


.

*RENUNGAN UNTUK KALIAN* :

.

Akhi mungkin selalu memimpikan ahkwat yang sempurna. Dan kalian akhwat..selalu memimpikan ikhwan yang sempurna.

Tapi kadang kalian lupa atau mungkin tidak tahu bahwa Allah

menciptakan kalian untuk menyempurnakan satu sama lain.

.

karena itu..hargailah teman hidupmu,maklumilah kekurangannya tutupilah dgn kelebihanmu dan jagalah dirinya sebagaimana menjaga dirimu sendiri.

 

Dan Untuk kalian yg belum menikah..

.

Carilah teman hidup yg krn cintanya pada Allah  ingin selalu mengajakmu kepintu surga.Dunia nyaman..mati khusnul khotimah di akherat tinggal pilih pintu surga mana yg di sukai.itu sungguh kemuliaan hidup.

Dan Inilah nikmat sebenarnya bukan krn NIKMATNYA MATA MEMANDANG INDAHNYA DUNIA.

.

Aku di palestina apanya yg dipandang. ? Debu.mayat.reruntuhan.tetapi hidup terasa indah krn di rumah ada yg lebih indah pandang.Istri sholehah.

.

Aku tdk mengajak anda larut dlm rasa,tp aku ingin anda sadari bahwa masih byk orang yg lebih menderita dari anda dan tidak meratapi nasib dgn sabar dan ikhlas.Aku hanya berharap anda ambil pelajaran yg bisa anda petik bahwa penderitaan,duka lara hidup anda hanya sebuah Cara Allah menguji Iman dan Takwa hingga tiba masanya janji Allah itu pasti dan membalasnya setimpal dgn apa yg kita perbuat.

.

Anda jauh lebih baik dariku

Aku ini ibu dan juga ayah bagi putriku.Pernah anda ikhwan merasakan mengganti popok bayi ? memberinya susu ? menjaganya dr gigitan nyamuk? memersihkan kotoranya ? sering tdk tidur malam malam krn ia menangis dan belum lagi kala ia sakit ? Pernah kalian berhari hari menggendong bayi sambil kerja ? pernahkan kalian lakukan itu sambil masak,beresi rumah ?

.

Begitulah rasanya jadi ibu.jadi istri.krn itu cintailah istrimu.sayangilah ia sungguh sungguh. jgn mudah marah.

.

dan kalian wahai akhwat.

jgnlah menuntut diluar kemampuan suami.syukurilah apa yg ia berikan.Dan berlombalah saling menyenangkan.

.

"apa ya yg bisa kulakukan untuk menyenangsnya hari ini ?"

.

Berfikirlah terus seperti itu dan usahakan.

.

INGATLAH SAAT BELUM MENIKAH KALIAN SAMPAI MERASA RINDU JIKA SEHARI TIDAK JUMPA.

.

Hidup ini indah jika kita lakukan dgn cara yg indah.

.

intaha.

Salam ukhuwah

.

By.Von Edison Alouisci

Kingstones 17.4.2008

WHATSAPP 081273311201

.

www.facebook.com/von.edison.alouisci

.

NB.Kisah nyata ini ku dedikasikan untuk putriku dan juga untuk para sahabat sebagai renungan hidup agar pandai bersyukur,pandai ikhlas dan pandai bersabar atas ujian Allah

Tags

Posting Komentar

0 Komentar

Top Post Ad

Below Post Ad